Rabu, 17 November 2010

MARI KITA BELAJAR USAHA BUDIDAYA JAMUR.

SULITKAH BELAJAR BUDIDAYA JAMUR ?
Salah satu pertanyaan diatas, ada pada benak kami pd waktu kami belum tahu sama sekali tentang budidaya jamur. Ada lagi pertanyaan yang lainnya : kemana kami mencari informasi tentang budidaya jamur, dimana kami harus beli bahan-bahan pokok untuk membuat media tanam / bibit semai, kemana kami mencari bibit jamur, berapa harganya, bagaimana cara menggunakan, siapa dan kemana kami menjual jamur dan menjual produk, apa sich jamur itu, apakah bisa dimakan ? membahayakan atau tdk bila dikonsumsi, dan banyak sekali pertanyaan - pertanyaan yg ada di benak kami (mungkin kalau kami tulis tdk akan cukup tempatnya). Bagi orang awam pun pasti mempunyai pertanyaan yang sama juga.

" Mari kita bahas persoalan belajar budidaya jamur "

Pertama cari informasi tentang budidaya jamur sebanyak mungkin, dengan cara membeli buku-buku tentang budidaya jamur (baca dan simak berulang-ulang), atau cari dari internet, atau bertanya pd petani yang sdh berpengalaman dan bersedia untuk memberikan informasi secara deatail.
Bila anda kesulitan atau minta dibimbing : silahkan kontak kami di 08158751024, 08561018488, pergunakanlah artikel-artikel yang selalu kami tulis sebagai referensi dan bila memperlukan bibit jamur, alat-alat (misalkan sendok untuk mengambil bibit jamur didalam botol, plastik type pp, alat pH meter, alat Hygrometer) silahkan call kami.
Kedua, siapkan alat-alat kerja (misalkan alat sterilisasi - buatlah dari bahan drum bekas), ruangan untuk kerja (misalkan : untuk mengaduk / mencampur bahan-bahan, kompos, pewadahan, steril, inokulasi, inkubasi dan pertumbuhan jamur), bahan-bahan pokok (serbuk kayu, dedak, caco3, caso4), bahan-bahan pendukung dan tenaga kerja.
Ketiga, mulailah anda bekerja membuat bibit semai / baglog / media tanam. Tetapi sebelumnnya siapkan BIBIT JAMUR (induk) (f.2) >> silahkan order di kami (budi siswandi) call 08158751024 - 08561018488.
Tahapan pekerjaan budidaya jamur terdiri dari 4 tahap : kultur murni, sub.kultur, bibit induk dan bibit semai. Untuk meringkas waktu dan biaya pekerjaan >> mulailah dari tata cara membuat bibit semai di dalam membuka usaha budidaya jamur.
Langkah kerjanya : silahkan buka artikel tata cara membuat bibit semai / baglog / media tanam.
Buatlah rangkaian dari pekerjaan proses pembuatan bibit semai >> inkubasi >> pertumbuhan jamur >> (bila diperlukan atau kondisi memungkinkan) buat olahan makanan dari bahan baku jamur.
Keempat, mulai mempromosikan hasil panen dan hasil produk, dengan tujuan agar anda mulai dikenal oleh orang lain baik yang masih awam maupun para petani yang lainnya. Banyak cara untuk mempromosikan usaha budidaya jamur >> bisa dari mulut ke mulut >> media cetak >> media elektronik.
Dalam menghadapi proses di atas, lakukkan dengan kesabaran (semuanya perlu waktu), nanti lama kelamaan akan menjadi lapangan pekerjaan baik buat sendiri maupun buat orang lain.
Didalam pembelajaran usaha budidaya jamur, bagi pemula yang dibutuhkan (paling penting) adalah orang yang membimbing (setiap saat bisa konsultasi baik teknis maupun non teknis) dan bibit jamur yang bermutu (yang dapat menyediakan secara berkala).
Kesimpulan : jadikanlah diri anda pionir di dalam usaha budidaya jamur baik untuk wilayah anda sendiri maupun untuk daerah lainnnya.

SELAMAT BEKERJA - SEMOGA ANDA SUKSES

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. bleh tau g' mdal awal anda pertama kali usaha jamur ini brapa y?? :)

    BalasHapus