Minggu, 27 Juni 2010

Usaha Budidaya Jamur identik dengan Peluang Bisnis / Peluang Usaha yg menjanjikan.

Usaha budidaya jamur bila ditekuni dengan serius (fokus) akan menjadi Peluang Bisnis / Peluang Usaha yang menjanjikan karena dari hulu sampai hilir bisa dibuat sumber pemasukkan (income). Bahan baku yang dipergunakan adalah bahan limbah yang mana bahan tsb banyak tersedia hampir ditiap daerah / wilayah Indonesia, malahan sampai terbuang begitu saja. Apalagi masalah tenaga kerja juga berlimpah, tinggal kita mau atau tidak untuk memulai usaha budidaya khususnya jamur.
Dalam usaha budidaya jamur ada istilah :
  1. Bibit Kultur murni atau disebut biakan murni atau disebut F.0
  2. Bibit Sub. Kultur atau disebut F.1
  3. Bibit Bibit Induk disebut F.2
  4. Bibit Semai.
Keempat point di atas bila diurai secara detail akan menjadi peluang usaha atau peluang bisnis yang menjanjikan karena tidak semua orang bisa melakukkan, misalkan :
Pengadaan lokasi / area.
Bila akan mendirikan usaha budidaya jamur disuatu daerah dengan jangkau yang lebih luas lagi agar menjadi besar [menjadi sentral usaha budidaya jamur] , maka memerlukan invovasi dalam bentuk informasi / promosi, dengan tujuan agar banyak orang membuka usaha budidaya jamur disatu tempat yang sama. Dampaknya adalah harga tanah akan meningkat [melonjak], kehidupan ekonomi pun akan bergerak dari semua sektor.
Pengadaan bahan baku baik untuk peralatan kerja, bangunan dan budidaya jamur.
Dipersoalan ini pun sama, dengan berkembangnya usaha budidaya jamur di satu tempat yang sama, akan terjadi kebutuhan bahan - bahan meningkat. Dipersoalan ini akan terbentuk suplier - suplier dari beraneka bahan.
Pengadaan tenaga kerja yang berkwalitas.
Tenaga kerja yang dibutuhkan pun akan meningkat baik tenaga kerja yang mempunyai keahlian maupun yang hanya mengandalkan tenaga / otot saja. Bila perkembangan sangat cepat tenaga lokal akan kekurangan, maka tenaga dari luar pun akan didatangkan, disektor ini pun akan tercipta lapangan pekerjaan.
Pengadaan informasi yang bermutu.
Didalam usaha budidaya jamur pun memerlukan informasi - informasi yang bermutu untuk menunjang kelangsungan usaha tsb, informasi yang harus selalu di dapat adalah informasi yang bersifat teknis maupun non teknis. 

Coba renungkan lebih dalam lagi !!!! begitu indahnya usaha budidaya jamur banyak sekali tercipta peluang usaha & peluang bisnis, bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri maupun untuk orang lain. Silahkan anda pilih mau dari hulu sampai hilir atau mengambil sebagian bidang saja.

Contoh ke 01 : anda akan memulai usaha budidaya jamur mulai dari perawatan media tanam / baglog tumbuh menjadi jamur >> tujuan : hasil panen untuk diproduksi menjadi makanan [kering & basah] dan sebagian jamur segar untuk dijual.
Untuk memulai usaha budidaya jamur usahakan minimum menjadi dua sumber income [jangan satu, alasan bila terjadi sesuatu hal tdk akan menjadi bangkrut / rugi].  

Contoh ke 02 : anda akan memulai usaha budidaya jamur mulai dari pembuatan baglog [media tanam / bibit semai], tujuan : menjual baglog [media tanam / bibit semai], menjual jamur segar dan menjual makanan dgn bahan dasar jamur [makanan kering & makanan basah]. Kesimpulan : tiga sumber income [pendapatan] yang akan dihasilkan.  

Dengan dimulai sistem usaha budidaya jamur seperti contoh diatas insya allah kegagalan [kebangkrutan] tidak akan terjadi, malahan keuntungan [profit] akan berlipat ganda.

STOP DREAMING START ACTION

      Tidak ada komentar:

      Poskan Komentar